Bing Mengikuti Langkah Google Mobilegeddon Mengutamakan Situs yang Mobile-Friendly

Bersiaplah … Microsoft Bing Juga Mulai Menuntut Situs untuk Mobile-Friendly

Kuatir dengan Mobilegeddon … ? Jangan Sampai Tertinggal Lagi !!!

Bing Mengikuti Langkah Google Mobilegeddon

Setelah Google, sekarang Microsoft – melalui mesin pencari Bing.com – mulai memberikan status  “mobile-friendly” pada hasil pencariannya. Status ini memungkinkan pengunjung untuk membedakan situs mana yang sudah dioptimalkan untuk perangkat mobile.

Rencananya, Bing juga akan membuat status mobile-friendly ini sebagai salah satu faktor penentu peringkat suatu situs di mesin pencarinya. Namun demikian konten situs yang relevan tetap akan menjadi faktor utama Bing dalam menentukan peringkat.

Jadi situs yang tidak mobile-friendly tetapi memiliki konten yang lebih relevan pada pencarian kemungkinan akan memiliki peringkat yang lebih baik daripada situs yang mobile friendly tetapi kontennya kurang relevan. Namun sebaliknya, jika suatu situs mobile-friendly memiliki konten yang lebih relevan, maka Bing akan mengunggulkan ini dibandingkan situs yang tidak mobile-friendly sekalipun juga relevan.

Bing sampai saat ini juga belum memberikan tanggal pasti untuk peluncuran algortima baru ini. Namun Bing memastikan bahwa algoritma ini akan bersifat real time. Jadi jika situs Anda sudah mobile-friendly, Anda akan mendapatkan manfaat promosi peringkat saat Bing mengindeks situs Anda.

Algoritma Mobile-Friendly Bing

Untuk dikategorikan sebagai situs mobile-friendly, Bing dalam blognya menyebutkan ada empat persyaratan utama :

  • Navigasi : merujuk pada menu, tombol dan kaitan/link yang mudah diakses pada perangkat mobile. Apakah tombol menu mudah dipencet dengan jari ? Apakah jarak antar menu cukup sehingga tidak menyebabkan salah pencet ?
  • Mudah Dibaca : Bing menyarankan pemilik situs untuk membuat konten yang mudah untuk dibaca tanpa harus memperbesar ukurannya terlebih dahulu.
  • Geser Layar : selain mudah dibaca, pemilik situs diharapkan juga membuat isi yang pas dengan ukuran perangkat mobile tanpa harus menggeser layar (ke kiri dan ke kanan). Konten yang lebih besar dari ukuran layar perangkat mobile akan mempersulit pengunjung dalam membaca.
  • Kompatibilitas : situs yang bisa dibuka dengan baik melalui perangkat mobile. Halaman situs dengan video atau animasi Flash merupakan salah satu konten yang tidak bisa ditampilkan dengan baik pada perangkat mobile berbasis iOS ataupun Android.

Selain itu, Bing juga mengingatkan pemilik situs untuk tidak menutup akses ke file-file CSS, JavaScript dan sumber eksternal lainnya bagi Bingbot. Bing bot perlu menelusuri sumber-sumber ini untuk menentukan apakah suatu halaman situs mobile-friendly. Penutupan akses terhadap file-file ini akan mencegah Bing memahami situs Anda sehingga tidak bisa memberikan status mobile-friendly.

Kumpulan artikel lainnya berkaitan dengan mobile website dan mobilegeddon yang perlu Anda baca.

Tool Mobile-Friendly Bing

Sebelum meluncurkan algoritma mobile-friendly, Bing akan menyediakan tool seperti Google’s Mobile-Friendly Test musim panas ini untuk menguji situs. Selain memberikan hasil pengujian, tool ini juga akan menyediakan saran atau tips untuk membuat situs mobile-friendly pada situs-situs yang gagal melewati pengujian ini.

Jika sampai saat ini Anda sudah mengabaikan peringatan Google Mobilegeddon, sebaiknya Anda tidak melakukannya lagi pada Bing. Mengapa ??? Karena cepat atau lambat, setelah algoritma mobile-friendly dari Google dan Bing ini beroperasi penuh, Anda sudah akan tertinggal jauh di belakang.

Jadi, mulailah berbenah dari sekarang … !
Untuk meningkatkan peringkat situs Anda di mesin pencari …
Untuk masa depan yang lebih baik bagi bisnis Anda …

Anda dapat menjadikan website mobile-friendly secara mudah dengan membaca buku panduan lengkap MOBILEGEDDON yang tersedia di website PLACESIANA.com … GRATIS

Comments on this entry are closed.

{ 0 comments }