Cara Meraih Skor Kecepatan > 90 dan Melejitkan Waktu Muat Website < 2 Detik

Seberapa Cepatkah Cepat Itu ?

Sebelum mengukur kecepatan website, sebetulnya seberapa cepat agar suatu website dikatakan cepat ?

Mengoptimalkan halaman web untuk meraih kecepatan tertinggi sebetulnya merupakan suatu proses yang tidak mudah dan boleh dibilang cukup melelahkan. Seiring dengan berkembangnya website Anda, selalu akan ada celah yang perlu ditingkatkan.

Untuk bisa dikatakan cepat, Google menyarankan agar website Anda memiliki waktu respon kurang dari 2 detik (2 ms). Jadi sekalipun skor website Anda di Google Pagespeed Insight belum mencapai skor tertinggi, namun jika waktu respon sudah dibawah 2 detik, website Anda sudah dikategorikan cepat oleh Google. Jadi tidak perlu terpaku untuk mengejar skor tertinggi di Google PageSpeed Insight. Skor bukanlah segalanya, utamakanlah kepuasan pengunjung diatas skor website Anda.

Sebagai acuan, berikut nilai kecepatan berdasarkan waktu responnya :

  • < 1 detik = sangat cepat
  • 1-3 detik = cepat
  • 4-7 detik = sedang
  • 8-10 detik = lambat
  • > 10 detik = sangat lambat

Acuan nilai kecepatan ini berdasarkan pada penelitian yang memperlihatkan bahwa pengguna Internet mengharapkan halaman web muncul tidak lebih dari dua detik, terutama sekali mereka yang menjelajah Internet dengan menggunakan perangkat mobile

Kecepatan Website Meningkatkan Peringkat Website Anda di Mesin Pencari

Google sekarang menjadikan kecepatan website sebagai salah satu penentu peringkat di mesin pencari. Google lebih mempertimbangkan kecepatan website dibandingkan dengan tampilan website. Website yang cepat akan dipromosikan oleh Google di hasil pencariannya. Ini berarti, kecepatan website merupakan salah satu faktor penting dari SEO (Search Engine Optimization).

Jika website Anda lambat, bukan hanya pengunjung yang akan kehilangan kesabarannya tetapi mesin pencari (baik Google ataupun Bing) juga tidak menyukai website Anda dan cenderung akan menurunkan peringkat website Anda. Jadi, sangatlah penting untuk memiliki website yang cepat.

Berikut ini Anda akan mengetahui cara mempercepat waktu muat website < 2 detik dan mencapai skor kecepatan > 90.

{ 4 comments… add one }
  • Jhon September 10, 2016, 2:49 pm

    Terima kasih banyak atas informasinya. Sangat informatif bagi saya yang sedang membangun website.

    Reply
  • Azhar MZ March 17, 2016, 9:09 pm

    Maksudnya gimana gan Google menyarankan agar website Anda memiliki waktu respon kurang dari 2 detik (2 ms), padahal di https://developers.google.com/speed/docs/insights/Server rekomendasinya di bawah 200 milisekon/milidetik, jika dikonversi ke detik maka 200 ms = 0,2 s (detik)

    Reply
  • kayzip October 8, 2015, 11:05 am

    apa metode keep alive bisa juga diterapkan untuk joomla? mohon pencerahannya?

    Reply
    • PLACESIANA October 9, 2015, 9:57 am

      Metode Keep-Alive bisa dipergunakan dengan CMS apa saja, termasuk Joomla.
      Bahkan website yang dibuat dengan HTML editor biasa juga bisa memanfaatkan metode ini … asalkan mempunyai akses ke konfigurasi web server.

      Reply

Leave a Comment

{ 4 comments }