Cara Meraih Skor Kecepatan > 90 dan Melejitkan Waktu Muat Website < 2 Detik

Tentukan Character Set di Header HTTP

Sebelum browser Anda menampilkan halaman web, browser perlu menentukan terlebih dahulu susunan isi halaman web Anda. Akan bermanfaat jika Anda menentukan terlebih dahulu character set dalam HTTP response headers, sehingga browser tidak perlu meluangkan waktu tambahan hanya untuk mengetahui character set yang Anda pergunakan.

Apa itu character set ?

Character set adalah sekumpulan karakter yang dinyatakan dalam angkat oleh komputer. Sebagai misal, karakter set ASCII dari angka 0-127 dipergunakan untuk menyatakan semua karakter Inggris dan juga karakter spesial lainnya.

Character Set disarankan untuk tidak diletakkan di meta tag karena bisa meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk memuat suatu halaman, tetapi sebaiknya diletakkan di file .htaccess dalam root directory website di server web hosting Anda. Ini jauh lebih efisien karena Anda tidak perlu meletakkan Character Set di setiap halaman secara manual.

Tambahkan kode berikut ini di file .htaccess :
AddDefaultCharset UTF-8

Ini akan mengubah header dari :

Content-Type text/html

menjadi … :

Content-Type text/html; charset=UTF-8

{ 4 comments… add one }
  • Jhon September 10, 2016, 2:49 pm

    Terima kasih banyak atas informasinya. Sangat informatif bagi saya yang sedang membangun website.

    Reply
  • Azhar MZ March 17, 2016, 9:09 pm

    Maksudnya gimana gan Google menyarankan agar website Anda memiliki waktu respon kurang dari 2 detik (2 ms), padahal di https://developers.google.com/speed/docs/insights/Server rekomendasinya di bawah 200 milisekon/milidetik, jika dikonversi ke detik maka 200 ms = 0,2 s (detik)

    Reply
  • kayzip October 8, 2015, 11:05 am

    apa metode keep alive bisa juga diterapkan untuk joomla? mohon pencerahannya?

    Reply
    • PLACESIANA October 9, 2015, 9:57 am

      Metode Keep-Alive bisa dipergunakan dengan CMS apa saja, termasuk Joomla.
      Bahkan website yang dibuat dengan HTML editor biasa juga bisa memanfaatkan metode ini … asalkan mempunyai akses ke konfigurasi web server.

      Reply

Leave a Comment

{ 4 comments }