Cara Meraih Skor Kecepatan > 90 dan Melejitkan Waktu Muat Website < 2 Detik

Optimalkan Plugin Wordpress

  • Temukan plugin yang memperlambat website
    Terkadang, website WordPress berjalan sangat lambat dikarenakan adanya plugin yang dikembangkan tanpa mempertimbangkan performa.P3 (Performance Profile Plugin) merupakan salah satu plugin yang bisa dipergunakan untuk mendiagnosa performa plugin-plugin dengan memperlihatkan dampak dari plugin terhadap waktu muat halaman website. Ini mempermudah dalam mengetahui plugin mana yang membuat lambat website.Setelah Anda mengetahui plugin yang memperlambat website, Anda bisa memutuskan untuk tetap menggunakannya, mengganti dengan plugin alternatif ataupun menghapusnya.

  • Kurangi jumlah plugin yang dipergunakan
    Semakin banyak plugin, semakin besar sumber daya yang dipergunakan. Secara otomatis, ini akan juga mempengaruhi performa website Anda, terutama sekali jika plugin tersebut dibuat secara tidak optimal.Untuk mengatasi hal ini, cobalah menggunakan plugin yang mempunyai fungsi lengkap sehingga bisa menggantikan fungsi dari beberapa plugin sekaligus.Selain itu, Anda juga bisa mengurangi penggunaan plugin yang mempunyai fungsi atau kegunaan hampir sama. Sebagai contoh, di artikel ini Anda akan menemukan banyak plugin WordPress yang dipergunakan untuk memperbaiki kecepatan website. Beberapa plugin ini mempunyai fungsi yang mirip atau bahkan tumpang tindih. Tentu saja Anda bisa memilih untuk menggunakan beberapa plugin dengan fungsi khusus. Atau bisa juga dengan menggunakan satu plugin saja namun dengan fungsi yang mewakili beberapa plugin sekaligus.Ada plugin yang mempunyai sifat banyak fungsi sehingga bisa menggantikan beberapa plugin sekaligus. Dengan menggunakan satu plugin sebagai pengganti beberapa plugin dengan fungsi yang sama, berarti Anda bisa mengurangi sumber daya yang dipergunakan website Anda. Namun tidak berarti plugin multi fungsi mempunyai efektifitas sebaik beberapa plugin sekaligus.Salah satu plugin yang mempunyai banyak fungsi untuk meningkatkan kecepatan adalah WP Rocket, beberapa fungsi yang tersedia adalah Lazy Load, browser caching, minify Javascript + CSS, serta masih banyak lagi. Dengan menggunakan hanya satu plugin, Anda bisa mengurangi penggunaan plugin-plugin lainnya. Lebih praktis dan biasanya lebih menghemat sumber daya.
  • Kurangi jumlah plugin yang tidak bisa anda kontrol
    Ada cukup banyak plugin yang sama sekali tidak bisa Anda kendalikan atau optimalkan kecepatannya. Plugin ini biasanya mempergunakan kode JavaScript, CSS, font ataupun gambar yang disimpan di server mereka, sehingga Anda tidak bisa mengaturnya sama sekali. Ini akan menunda proses loading website karena Anda perlu menghubungi server mereka sebelum website Anda bisa ditampilkan sepenuhnya.Terkadang, bukan plugin saja yang tidak bisa Anda kontrol, tetapi juga gambar, kode-kode lain seperti iklan Google Adsense, widget dari social media (seperti Facebook, Twitter) atau kode lainnya yang Anda gunakan di website juga berpotensi untuk memperlambat kecepatan website Anda. Namun jika Anda memang memerlukannya, mau tidak mau Anda harus memasangnya, hanya saja Anda tidak akan pernah bisa mengatur baik kode ataupun gambar yang dipergunakan.

{ 4 comments… add one }
  • Jhon September 10, 2016, 2:49 pm

    Terima kasih banyak atas informasinya. Sangat informatif bagi saya yang sedang membangun website.

    Reply
  • Azhar MZ March 17, 2016, 9:09 pm

    Maksudnya gimana gan Google menyarankan agar website Anda memiliki waktu respon kurang dari 2 detik (2 ms), padahal di https://developers.google.com/speed/docs/insights/Server rekomendasinya di bawah 200 milisekon/milidetik, jika dikonversi ke detik maka 200 ms = 0,2 s (detik)

    Reply
  • kayzip October 8, 2015, 11:05 am

    apa metode keep alive bisa juga diterapkan untuk joomla? mohon pencerahannya?

    Reply
    • PLACESIANA October 9, 2015, 9:57 am

      Metode Keep-Alive bisa dipergunakan dengan CMS apa saja, termasuk Joomla.
      Bahkan website yang dibuat dengan HTML editor biasa juga bisa memanfaatkan metode ini … asalkan mempunyai akses ke konfigurasi web server.

      Reply

Leave a Comment

{ 4 comments }