Daftar Situs Kementerian yang Gagal Melewati Tes Mobile-Friendly Google

Apakah Anda mendengar perbincangan seputar “Mobilegeddon” di beberapa minggu belakangan ini ? Apa Sebenarnya Mobilegeddon itu ?

Pada tanggal 21 April  2015, Google meluncurkan algoritma Mobilegeddon yang diklaim mempunyai pengaruh paling besar dalam sejarahnya. Mobilegeddon secara aktif mencari situs yang belum mobile ready dan menurunkan peringkatnya di hasil pencarian mesin pencari Google. Jika halaman situs Anda tidak ditampilkan dengan baik di perangkat mobile, waspadalah karena kemungkinan situs Anda akan mulai mengalami penurunan kunjungan.

Lembaga riset Gartner melaporkan bahwa mayoritas pengunjung web di Amerika akan menggunakan perangkat mobile di tahun 2017. Google sendiri juga menyatakan bahwa sebagian besar pencarian sekarang ini dilakukan melalui perangkat seluler.

Sejak bulan Februari 2015, Google membuat pengumuman di blognya bahwa perubahan akan dilakukan yang membawa pengaruh besar pada hasil pencarian terutama sekali pada website yang belum mobile-friendly.

Pembaruan Google ini mensyaratkan situs web untuk bisa digunakan dengan baik di perangkat berukuran kecil — dengan teks yang bisa dibaca secara mudah tanpa harus memperbesarnya dan juga link yang cukup jaraknya sehingga mudah diakses. Idenya adalah untuk membuat pengunjung web merasa nyaman dalam mengunjungi website melalui perangkat selularnya.

Situs Kementerian yang Gagal Melewati Tes Mobile-Friendly Google

PLACESIANA membuat tes di awal Mei 2015 pada 34 situs kementerian untuk menguji apakah sudah memenuhi kualifikasi Google. Dari 34 situs ini, hanya satu situs yang tidak dites karena sedang tidak bisa diakses (down), yaitu situs Kementerian Pemberdayaan Perempuan (dan akhirnya dimasukkan dalam kategori yang gagal).

Kementerian RISTEK yang menangani bidang riset dan teknologi ternyata kurang aspiratif dalam menanggapi perubahan teknologi ini. Situsnya gagal dalam memberikan kenyamanan pada pengguna seluler.

Berikut ini daftar lengkap 20 situs kementerian yang gagal melewati tes Mobile-Friendly dari Google dan 14 situs yang berhasil lolos :

daftar-situs-kementerian-yang-gagal-melewati-tes-mobile-friendly-google-mobilegeddon

Anda dapat mempelajari cara menjadikan website mobile-friendly secara mudah dengan membaca buku PANDUAN LENGKAP MOBILEGEDDON yang tersedia di website PLACESIANA.com … GRATIS

Comments on this entry are closed.

{ 0 comments }