INFOGRAPHIC : Ini 6 Penyebab Google Menyebut Situs Tidak Mobile-Friendly

6 Penyebab Utama 90% Situs Perbankan Gagal Melewati Tes Mobile Google

Infographic mobilegeddon perbankan

Awal Mei 2015, PLACESIANA.com melakukan pengujian pada beberapa perbankan nasional untuk memeriksa apakah mereka sudah menyediakan situs yang mengikuti perkembangan teknologi, yaitu situs yang mobile-friendly. Hasilnya, sangat mengejutkan … ternyata sekitar 90% situs perbankan sama sekali tidak menyediakan apa yang diinginkan oleh konsumennya, yaitu situs yang mudah diakses melalui perangkat mobile mereka.

Layanan perbankan dalam genggaman tangan … ! Betul, sebagian besar bank mungkin sudah memberikan layanan mobile-banking. Tapi sayangnya, mereka tidak memperhatikan faktor mobile-friendly (baca : KENYAMANAN). Kemudahan atau kenyamanan dalam mengakses informasi atau layanan secara mobile – menurut Google – merupakan salah satu faktor penentu yang sangat penting bagi sebuah bisnis, apalagi bagi institusi finansial seperti perbankan.

Dari hasil tes mobile-friendly yang dibuat oleh Google, sebagian besar bank memiliki masalah dalam penggunaan konten, kaitan, ukuran, area pandang dan juga akses.

Berikut ini informasi selengkapnya mengapa Google mengganggap situs-situs ini tidak mobile-friendly dan apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

  • Jarak antar kaitan/link yang terlalu dekat sehingga menyulitkan pengguna dalam melakukan navigasi (29%)
  • Informasi yang disediakan relatif susah dibaca di perangkat mobile karena ukurannya yang relatif kecil (28%)
  • Area pandang (viewport) tidak disediakan sehingga tidak bisa menyesuaikan pada perangkat yang berbeda (27%)
  • Konten yang melebar sehingga pengguna harus menggulung layar secara horisontal (12%)
  • Menggunakan video atau animasi yang tidak bisa dijalankan di perangkat mobile (3%)
  • Tidak bisa diakses oleh Google-bot sehingga tidak bisa dites (1%)

Kumpulan artikel lainnya berkaitan dengan mobile website dan mobilegeddon yang perlu Anda baca.

Info lebih lengkap mengenai hasil tes mobile-friendly pada situs perbankan, penyebab utama kegagalan situs perbankan dan juga bagaimana memanfaatkan perubahan algoritma Google ini untuk meningkatkan kinerja perbankan bisa dilihat di Infographic berikut ini.

INFOGRAPHIC Mobilegeddon Perbankan

mobilegeddon situs perbankan tidak mobile-friendly infographic by placesiana.com

Silakan menyertakan infographic ini di situs atau media Anda. Klik disini jika Anda memerlukan versi yang lebih tinggi resolusinya.
(Hanya pastikan berikan kredit ke situs kami http://placesiana.com/mobilegeddon, OK ? 🙂

Sekedar informasi, selain situs perbankan ternyata lebih dari 50% situs Kementerian juga gagal melewati tes mobile-friendly Google. Begitu juga dengan 100 populer situs Indonesia dalam daftar Top 500 Alexa.

Anda dapat menjadikan website mobile-friendly secara mudah dengan membaca buku panduan lengkap MOBILEGEDDON yang tersedia di website PLACESIANA.com … GRATIS

Comments on this entry are closed.

{ 0 comments }