in

90% Situs Perbankan Gagal Melewati Tes Mobile-Friendly Google MOBILEGEDDON

daftar-situs-perbankan-yang-gagal-melewati-tes-mobile-friendly-google-mobilegeddon

daftar-situs-perbankan-yang-gagal-melewati-tes-mobile-friendly-google-mobilegeddonTidak banyak berbeda dengan situs perusahaan dalam daftar Fortune 500, sebagian besar situs perbankan Indonesia ternyata menurut Google juga tidak mobile-friendly. 44% situs Fortune 500 gagal melewati tes mobile-friendly dan 4% lainnya tidak memberikan respon (sumber : TechCrunch.com) .

Ini berarti, hampir semua bank di Indonesia tidak menyediakan apa yang diinginkan nasabahnya, yaitu informasi atau layanan online yang bisa diakses secara nyaman dengan perangkat mobile.

Sejak tanggal 21 April 2015, Google melakukan perubahan algoritma di hasil pencariannya yang oleh sebagian pengamat diberi nama MOBILEGEDDON karena dampat negatifnya yang sangat besar bagi website yang tidak mobile-friendly.

Untuk menanggapi perubahan ini, bank tentu saja perlu menata ulang situsnya karena Google sekarang lebih mengutamakan situs yang sudah mobile-friendly di hasil pencariannya. Dan sebaliknya, Google akan menurunkan peringkat situs yang belum mobile-friendly di hasil mesin pencarinya.

Berdasarkan hasil tes Google mobile-friendly, hanya ada sangat sedikit bank di Indonesia yang dikategorikan Google sebagai bank mobile-friendly. Cepat atau lambat, Google akan mengangkat bank-bank ini di hasil pencariannya dan ini tentu saja akan memberi pengaruh positif pada performa bank tersebut.

Sayangnya, sampai saat artikel ini dibuat, hampir semua besar bank di Indonesia masih mengabaikan apa yang diinginkan oleh Google … dan juga oleh para nasabah bank, yaitu untuk menyediakan layanan online yang ramah selular.

Pembaruan Google ini mensyaratkan situs web untuk bisa digunakan dengan baik di perangkat berukuran kecil — dengan teks yang bisa dibaca secara mudah tanpa harus memperbesarnya dan juga link yang cukup jaraknya sehingga mudah diakses. Idenya adalah untuk membuat pengunjung web merasa nyaman dalam mengunjungi website melalui perangkat selularnya.

Uji Mobile-Friendly Situs Perbankan

PLACESIANA.com membuat test di awal Mei 2015 pada 33 bank nasional (5 bank pemerintah dan 28 bank swasta). Dari hasil tes ini, hanya 3 bank yang lolos tes, sedangkan 30 sisanya tidak bisa melewati tes mobile-friendly yang dibuat oleh Google. Dari keseluruhan bank ini, ternyata tidak ada satupun bank pemerintah yang berhasil lolos.

Berikut ini daftar 30 bank nasional yang gagal melewati tes Mobile-Friendly dari Google :

daftar situs perbankan yang gagal melewati tes mobile friendly google mobilegeddon

Sebagian besar situs bank gagal menampilkan situsnya secara baik pada perangkat dengan layar kecil yang membuat informasi sulit dibaca dan navigasi menjadi susah dilakukan.

“Google’s mobile search overhaul is an opportunity for banks to give attention to a channel in need of specific experiences. People have mobile devices at all times, the urgency and intimacy someone has with the banking relationship…goes up tremendously [in mobile.]” Forrester Research – Ted Schadler

Untuk mengetahui lebih banyak tentang :

  • Apa Itu Google Mobilegeddon
  • Apa Pengaruh Mobilegeddon pada website dan bisnis Anda
  • Apa Itu Website Yang Mobile-Friendly
  • 3 Alasan Mengapa Google Mengutamakan Website Mobile-Friendly
  • 3 Alasan Mengapa Website Anda Perlu Mobile-Friendly
  • 5 Cara Untuk Mengetahui Apakah Website Anda Mobile-Friendly
  • Mobile-Friendly Saja Tidak Cukup, Google dan Pengunjung Juga Menginginkan INI
  • Cara Melakukan Mobile Web Optimization
  • dll …

Written by PLACESIANA

Suka dengan konten PLACESIANA.com ?
Masukkan Nama dan Email Anda di formulir samping ini untuk mendapatkan info dan update terkini.

Kesempatan Bekerja Sama dengan Milyuner Internet

Inikah Cara Tercepat Menjadi Milyuner Internet ?

manfaat buah anggur untuk perawatan kecantikan

6 Manfaat Buah Anggur untuk Perawatan Kecantikan