Terapi Osteoporosis : Latihan 10 Menit Untuk Memperlambat Proses Penuaan Tulang

TERAPI OSTEOPOROSIS

Pengobatan konvensional mengajarkan kepada kita bahwa satu-satunya cara untuk menghindari tulang keropos adalah dengan latihan beban berat dalam jangka yang panjang,
tetapi ahli yoga Charlotte Watts menunjukkan cara yang sebaliknya …
latihan ringan yang dilakukan dalam waktu singkat.

 

Apa itu Osteoporosis ?

Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak. Penyakit Osteoporosis umumnya baru diketahui setelah ditemukan retak pada tulang atau setelah pasien mengalami jatuh ringan yang berakibat pada tulang.

Kebanyakan penderita penyakit Osteoporosis adalah para lansia karena dalam masa usia inilah terjadi proses penuaan yang berakibat pada timbulnya berbagai penyakit degeneratif.

 

Pengobatan Osteoporosis

Terapi dan pengobatan medik osteoporosis bertujuan untuk meningkatkan kepadatan tulang untuk mengurangi retak tambahan dan mengontrol rasa sakit. Untuk terapi dan pengobatan osteoporosis sebenarnya memerlukan suatu tim yang terdiri dari multidisipliner minimal antara lain ahli bedah, ahli penyakit dalam, ahli psikologi, ahli biologi, ahli obstetri, ahli ginekologi dan farmakologi.

Penyakit osteoporosis selain mempengaruhi tubuh, juga mempengaruhi kondisi psikis penderitanya terutama akibat patah tulang sehingga terapi dan pengobatan osteoporosis pun melibatkan spesialis kejiwaan. Tidak hanya itu, departemen kedokteran olahraga juga diperlukan dalam terapi dan pengobatan osteoporosis.

Untuk mempertahankan kepadatan tulang, tubuh memerlukan persediaan kalsium dan mineral lainnya yang memadai dan perlu menghasilkan hormon dalam jumlah yang mencukupi (hormon paratiroid, hormon pertumbuhan, kalsitoninestrogen pada wanita dan testosteron pada pria).

Diet Osteoporosis

Diet osteoporosis bertujuan mencegah atau menangani tulang yang rapuh dan mudah patah. Diet sehat dan seimbang ini menekankan konsumsi makanan yang kaya kalsium, vitamin D, dan cukup protein dengan lima porsi buah-buahan dan sayuran per hari, serta sodium dalam jumlah terbatas. Latihan angkat alat beban juga penting untuk mencegah dan menangani osteoporosis.

Badan pemerintah AS menyarankan tiga porsi susu dalam sehari, yang merupakan sumber kaya kalsium yang diserap dengan baik. Produk susu yang rendah lemak dan tanpa lemak biasanya memiliki kalsium sebanyak atau lebih banyak daripada susu yang lemaknya lebih tinggi.

Produk susu adalah sumber yang baik untuk mendapatkan protein, vitamin D, zinc, dan magnesium, yang membantu melindungi tulang. Sumber kalsium yang baik lainnya meliputi sayuran-sayuran hijau, ikan kalengan, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah, tahu yang diperkaya dengan kalsium, serta makanan dan minuman terfortifikasi kalsium.

Sumber diet vitamin D mencakup, minyak ikan, hati, kuning telur, serta susu dan jus terfortifikasi vitamin D. Komponen lain dari diet osteoporosis mencakup:

  • protein
  • vitamin K
  • zinc
  • magnesium, yang membantu menjaga kestabilan tingkat kalsium darah, khususnya pada orang tua.

 

Terapi Osteoporosis

Banyak penderita osteoporosis yang tidak berani melakukan latihan. Padahal, latihan sangat penting di dalam membantu mengatasi masalah-masalah yang dialami para penderita osteoporosis. Latihan dapat membantu memperkuat otot dan tulang serta meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga mengurangi resiko patah tulang akibat jatuh.

Namun, tidak semua jenis latihan dapat dilakukan oleh penderita osteoporosis. Latihan yang tidak tepat justru dapat meningkatkan resiko cedera pada penderita osteoporosis, seperti gerakan-gerakan yang cepat dan menghentak (seperti berlari dan melompat) atau gerakan-gerakan membungkuk (seperti sit up, golf, tenis, dan bowling).

Latihan konvensional mengajarkan kepada kita bahwa satu-satunya cara untuk menghindari tulang keropos adalah dengan latihan beban berat yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, tetapi ahli yoga Charlotte Watts menunjukkan cara yang sebaliknya, yaitu … latihan ringan yang dilakukan dalam waktu singkat untuk membalikkan dan menunda proses osteoporosis.

Panduan terapi osteoporosis selengkapnya bisa Anda baca di majalah What Doctors Don’t Tell You edisi “10 Minutes To Stronger Bones” (versi PDF) berikut ini.

 

terapi osteoporosis

 

 

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

{ 0 comments }