in

Ternyata traveling merupakan salah satu cara ampuh untuk menjadikan hidup lebih panjang umur – nenek berusia 100 tahun ini sudah membuktikannya

traveling-panjang-umur

Travelling adalah salah satu rahasia untuk mencapai umur panjang sampai 100 tahun

Margaret T. Turnbull, salah seorang Centenarian (orang yang berusia diatas 100 tahun) mengungkapkan rahasia untuk hidup panjang umur dan tetap sehat adalah dengan “olahraga yang baik, makanan yang sehat, teman dan lingkungan yang baik serta jalan-jalan/traveling (keliling dunia, jika memungkinkan).”

Margaret Turnbull ketika akan pensiun membuat rencana untuk melakukan perjalanan keliling dunia bersama suaminya, John. Sayangnya, John meninggal pada saat sebelum mereka mendapat kesempatan untuk menjalankan rencana itu.

Akan tetapi, Margaret Turnbull tetap pada rencana yang telah mereka buat – dan dia melakukannya dengan mengunjungi benua Alaska, Afrika, Eropa dan tentu saja juga berkeliling benua dimana dia dilahirkan, Amerika.

Pada usia 80 tahun, selain melakukan perjalanan, Margaret masih mengajar menari dan berenang di Danau Saranac serta menikmati hiking dan berkebun.

7 fakta ilmiah yang membuktikan traveling baik untuk kesehatan

  1. Traveling membawa Anda pada lingkungan berbeda, yang menghasilkan antibodi lebih kuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan.
    Antibodi adalah protein kecil yang melindungi sistem kekebalan Anda dari patogen berbahaya. Bahkan suatu penelitian menunjukkan paparan beberapa kotoran dan penyakit ringan sebenarnya membuat tubuh dan usus Anda lebih kuat.
    Ini tidak berarti bahwa Anda tidak perlu lagi menjaga kebersihan selama di perjalanan – Anda masih harus mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan di sana-sini – tetapi memiliki beberapa bakteri baru dalam hidup Anda bukanlah hal yang buruk.
    Seorang blogger bahkan menyatakan bahwa setelah 17 tahun di jalan, perjalanan telah menjadi probiotik terbaiknya. Ketika Anda bepergian dari satu tempat ke tempat lain, tubuh Anda beradaptasi dengan ribuan bakteri baru, yang akhirnya membuatn tubuh Anda menjadi lebih kuat.
  2. Traveling menurunkan tingkat stres
    Ini mungkin bukan kejutan besar bagi Anda, tetapi sudah terbukti secara ilmiah bahwa jalan-jalan akan meningkatkan kebahagiaan Anda, mengurangi depresi.
    Sebuah penelitian menemukan bahwa tiga hari setelah liburan, para pelancong merasa cukup istirahat, cemas berkurang, dan suasana hati menjadi lebih baik. Dan peningkatan ini tidak hilang ketika mereka kembali ke rumah, bahkan bertahan selama berminggu-minggu sesudahnya.
  3. Traveling meningkatkan kesehatan otak Anda
    Perjalanan memperluas pikiran Anda. Anda bertemu orang baru. Anda beradaptasi dengan situasi baru. Anda menjadi lebih sadar secara global dan budaya. Ini semua baik untuk kesehatan Anda karena pengalaman baru meningkatkan fleksibilitas kognitif, menjaga pikiran Anda tetap tajam.
    Penelitian telah menunjukkan hubungan antara perjalanan dan peningkatan kreativitas, kesadaran yang lebih dalam tentang kesadaran budaya dan pertumbuhan pribadi. Dan menurut Journal of Personality and Social Psychology, mereka yang bepergian dan belajar di luar negeri cenderung lebih terbuka dan stabil secara emosional.
  4. Traveling menurunkan risiko penyakit jantung Anda
    Ini dikarenakan orang-orang yang bepergian jauh dari rumah mereka untuk suatu liburan, umumnya tidak terlalu stres dan cemas – atau setidaknya mereka ingin menjauh dari tekanan hidup mereka.
    Karena inilah, penelitian Framingham Heart Study yang berjalan sudah cukup lama menemukan bahwa pria dan wanita yang melakukan perjalanan setiap tahun lebih kecil kemungkinannya menderita serangan jantung
  5. Perjalanan membuat Anda tetap bugar
    Sering bepergian berarti duduk berjam-jam dalam serangkaian kendaraan yang bergerak, tetapi ini juga berarti Anda mempunyai banyak kesempatan untuk memaksa diri Anda aktif selama perjalanan.
    Ketika melakukan perjalanan, kita biasanya cenderung untuk mencoba hal-hal baru dan melihat semua yang ada disekeliling, mungkin untuk mencoba olahraga ekstrim, berjalan di jalanan perkotaan atau perdesaan, mendaki untuk mendapatkan pemandangan terbaik di sekitar kita. Bahkan sekalipun Anda berencana untuk tetap sepanjang hari di pantai, berjalan-jalan di atas pasir akan memaksa otot Anda untuk bekerja dua kali lebih aktif.
  6. Ada banyak tempat di bumi yang memiliki sifat penyembuhan.
    Ketika Anda bepergian, Anda bisa mengunjungi tempat wisata medis seperti sumber air panas alami. Berendam di perairan yang kaya mineral ini dapat memperbaiki kulit Anda, menghilangkan rasa sakit dan stres, dan meningkatkan umur panjang.
  7. Traveling bisa membuat Anda hidup lebih lama dan panjang umur
    Jalan-jalan mungkin saja bisa memperluas wawasan/pandangan kita dan meningkatkan kesehatan, tetapi apakah juga bisa meningkatkan umur ?
    Suatu penelitian dari studi jantung Framingham di tahun 1960-an menemukan bahwa wanita yang bepergian setidaknya dua kali setahun memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung atau meninggal akibat penyakit jantung dibandingkan mereka yang jarang bepergian.
    Untuk pria, suatu studi 9 tahun dari Psychosom Medicine menemukan mereka yang tidak mengambil liburan tahunan memiliki risiko kematian 20% lebih tinggi dan sekitar 30% lebih besar beresiko kematian akibat penyakit jantung. Para peneliti menyimpulkan: “Berlibur mungkin baik untuk menjaga kesehatan Anda”.

Jadi apa yang terjadi di sini? Mengapa traveling itu baik bagi kita ?
Suatu makalah dari Global Commission On Aging (yang ditugaskan oleh American Travel Association) menunjukkan bahwa jalan-jalan bisa meningkatkan aktivitas fisik dan mental, membuat otak kita bekerja dan membuat kita terlibat secara sosial, yang semuanya ini memiliki manfaat kesehatan yang positif.

Liburan yang direncanakan dengan baik dapat menjadi ‘obat’ alami – dan jauh lebih baik bagi kita daripada menghabiskan uang untuk membeli mobil atau jam tangan mewah. Thomas Gilovich, seorang profesor di Cornell yang mempelajari topik ini, menunjukkan bahwa pengeluaran untuk petualangan seperti liburan membuat kita lebih bahagia daripada menghabiskan uang untuk berbelanja.

“Pengalaman kita adalah suatu bagian yang lebih besar dari diri kita daripada material yang kita miliki,” tulisnya. Kita memang menyukai barang-barang/material (mewah) dan ini menjadi kebanggaan atau bagian dari identitas, tetapi meskipun demikian material ini tetap terpisah dari bagian diri kita. Sebaliknya, pengalaman yang kita alami benar-benar menjadi bagian dari kita.”

“Jangan berpikir memiliki gaya hidup sehat saja sudah cukup untuk membuat Anda lebih panjang umur. Pertimbangkanlah untuk tidak bekerja terlalu keras dan mulailah mengambil liburan untuk bepergian agar kemungkinanan Anda lebih panjang umur semakin meningkat.” kata Timo Strandberg, Profesor di Universitas Helsinki di Finlandia.

Written by PLACESIANA

Suka dengan konten PLACESIANA.com ?
Masukkan Nama dan Email Anda di formulir samping ini untuk mendapatkan info dan update terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

What Doctors Don't Tell You - 10 Minutes To Stronger Bones

Terapi Osteoporosis : Latihan 10 Menit Untuk Memperlambat Proses Penuaan Tulang

Makanan Pencegah Kanker

Makanan Pencegah Kanker : Anti Kanker Alami Untuk Kesehatan